info Kesehatan‎ > ‎

Hati - Hati Jangan Memuji Anak Terus-Menerus

diposting pada tanggal 3 Des 2014 21.00 oleh rakhma win   [ diperbarui3 Des 2014 21.09 ]
Jangan Memuji Anak Terus-Menerus
bekerja dari rumah ~ Jangan Memuji Anak Terus-Menerus ~ Menghargai apa yang telah dilakukan anak adalah bagus tapi terkadang,  orang tua sering berlebihan dalam memberikan pujian. Faktanya adalah, sering memuji anak benar-benar membawa kerugian bagi perkembangannya.

Terlalu sering memuji anak dapat membuat mereka rentan terutama dari sisi mental dalam hidupnya. Untuk itu sebagai orang tua Anda perlu tahu beberapa alasan untuk tidak memberikan pujian yang berlebihan kepada anak.

Berikut Alasan Mengapa Jangan Memuji Anak Terus-Menerus


memanipulasi anak

Pujian adalah cara yang dapat membuat anak melakukan hal-hal yang Anda inginkan. Metode ini sangat efektif dan bekerja secara singkat ketika anak mencari kesepakatan dengan orangtuanya. Namun, terlalu sering memuji anak dapat membuat mereka menjadi kecanduan, dan itu tidak baik untuk perkembangan mental anak.

Membuat Anak haus pujian

Ketika Anda sering memuji anak, tidak diragukan lagi bahwa mereka akan selalu meminta pujian kepada anda di setiap situasi yang mereka menginginkannya. Hal ini menimbulkan dampak yang buruk karena mereka tidak akan mampu untuk membentuk penilaian atas diri mereka sendiri yang dilandasi oleh kepercayaan dirinya.

mengurangi minat Anak

Penelitian telah menunjukkan bahwa ketika seseorang dipuji atas sesuatu yang mereka lakukan, dia akan kehilangan ketarikan dalam hal tersebut. Hal yang sama berlaku juga bagi anak-anak.
Ketika Anda memuji anak terlalu banyak atau berlebihan, kita harus menyadari bahwa mereka tidak akan melakukannya lebih baik lagi karena mereka tidak memiliki dorongan untuk melakukannya hal tersebut dengan lebih baik lagi.

Mengurangi prestasi Anak

Anak-anak harus dihargai atas prestasi yang mereka raih. Seringkali perdebatan muncul mengenai pujian seperti ‘good job’ yang memiliki intonasi sama dengan ‘bad job’. Ini membuat penilaian good job’ seperti mencuri kesenangan anak terhadap prestasi yang berhasil mereka dapatkan. Inilah mengapa orangtua tidak boleh memuji anak secara berlebihan.menghargai apa yang telah dilakukan anak,  orang tua sering memberikan pujian. Namun dalam kenyataannya, sering memuji anak benar-benar membawa kerugian bagi perkembangannya.

Terlalu sering memuji anak dapat membuat mereka rentan terutama dari sisi mental dalam hidupnya. Untuk itu sebagai orang tua Anda perlu tahu beberapa alasan untuk tidak memberikan pujian yang berlebihan kepada anak.


bekerja dari rumah


Comments